Senin, 13 Mei 2013

EVALUASI DALAM PEMBELAJARAN pendidikan agama ISLAM



BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Evaluasi merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari proses pembelajaran, kita sering mendengar istilah latihan, ujian, ulangan, middle, quis, Ebtanas, UAN, dan sebagainya. Kesemuanya itu merupakan jenis-jenis evaluasi, mengapa evalusi tidak dapat dipisahkan dari sebuah proses pembelajaran untuk menjawab pertanyaan itu, coba kita perhatikan, proses pembelajaran ibarat sebuah alat transportasi, tujuan dari pendidikan merupakan tempat tujuan kita, dan evalusi ibarat argo yang mengukur apakah kita sudah sampai tujuan atau belum, contoh lain misalnya, pendidik tidak akan tahu apakah materi yang disampaikannya sudah dikuasai oleh siswanya atau belum tampa adanya evaluasi.

Bahan pelajaran DALAM PEMBELAJARAN pendidikan AGAMA ISLAM



BAB I
              PENDAHULUAN         

1.1   Latar Belakang
Bahan pelajaran dalam pembelajaran PAI di sekolah harus bermanfaat untuk bekal kehidupan siswa pada masa kini dan masa yang akan datang. Pembelajaran yang bersifat content oriented yaitu mengarahkan siswa pada penguasaan materi pembelajaran dengan hanya sekedar mengetahui berbagai fakta yang lepas-lepas, perlu dimodifikasi menjadi lebih berorientasi kepada kehidupan siswa. Siswa diperkenalkan dengan berbagai fenomena kehidupan termasuk pekerjaan sebagai bekal untuk kehidupan mereka. Hal ini sesuai dengan materi pelajaran pendidikan agama islam yang dikembangkan dengan berdasarkan prinsip berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan siswa serta lingkungannya.